Jumat, 29 Juli 2016

Hanya Sentuh Bagian Tubuh Ini, Anda Bisa Tahu Jantung Anda Sehat atau Bermasalah


Cara ini dapat Anda kerjakan dirumah, di masjid, bahkan juga saat tengah liburan di alam bebas meskipun. 
Caranya, duduklah di lantai dengan kaki diluruskan ke depan hingga jari-jari kaki menghadap ke atas. 

Kemudian, jangkaulah ujung jari kaki Anda dengan tangan. 

Bila Anda cukup fleksibel mencapai ujung jari kaki dengan tangan, insya Allah jantung Anda masihlah sehat. 

Demikian sebaliknya, bila Anda kesusahan mencapai ujung jari kaku dengan tangan, Anda dapat pergi ke dokter spesialis jantung atau kardiolog untuk memeriksakan keadaan jantung Anda. Terlebih bila Anda alami nyeri di dada, sering keluarkan keringat dingin, serta sinyal tanda sakit jantung yang lain. 

Cara mudah mengetahui kesehatan jantung ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology. 

Peneliti dari University of North Texas serta beberapa peneliti Jepang lakukan percobaan dengan 526 partisipan yang berumur pada 20 sampai 83 th.. 

Partisipan ikuti tes fleksibilitas badan sembari diukur desakan darah, pembuluh arteri serta kesibukan jantungnya. 

Akhirnya, peneliti temukan korelasi pada badan yg tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, terlebih pada partisipan diatas usia 40 tahun. 
Partisipan yang gagal dalam tes fleksibilitas badan serta gagal meraih ujung jari kaki nyatanya mempunyai pembuluh darah yang kaku, serta berarti kekuatan jantung jadi kurang baik, efektif serta resiko penyakit jantung juga bertambah. 

Dr Yamamoto menerangkan, meski teori pada jalinan otot punggung serta kaki dengan otot di dekat jantung masihlah samar-samar, namun karenanya ada studi itu cukup menolong. Kekakuan otot punggung, kaki serta pembuluh jantung yang sama-sama terkait itu karena komposisi kolagennya yang sama. 

 " Bila Anda dapat menyentuh jari kaki waktu duduk lurus, jantung Anda bermakna masihlah cukup baik. Namun bila tidak dapat, mungkin saja Anda butuh mendatangi kardiolog, " kata Dr Yamamoto. 

Tetapi Yamamoto memberikan tidak selamanya otot kaku yaitu tandanya penyakit jantung, cuma mungkin saja jantungnya kurang fit serta sehat saja dari yang semestinya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog