Minggu, 04 Desember 2016

Tünzale Memmedzade, Pembuat Salinan Al-Qur'an Di Kain Sutra Dengan Tinta Emas

Kita dapat menjumpai beragam bangunan rumah ibadah unik untuk umat Muslim di berbagai belahan dunia. Dari mulai sejarah sampai bentuk bangunan itu sendiri.
 

Tetapi, keunikannya bukan hanya sampai pada bangunan saja. Kitab suci Alquran unik yang akan dibicarakan dalam artikel ini dapat membuat Anda terkagum-kagum.
 
Seorang seniman perempuan asal Azerbaijan, Tünzale Memmedzade, membuat salinan Alquran dalam untaian benang. Ia meghabiskan waktu selama 3 th. untuk menulis sendiri ayat demi ayat dalam kitab tersebut di kain sutra.

Baca Juga : Langka, Ulat Ini Dihargai Ratusan Juta Per Kilogramnya

Ditulis laman Boredpanda, inspirasi Memmedzade ini muncul sesudah ia temukan bahwa walau telah disalin dalam beragam material, ayat-ayat Alquran tak pernah ditulis diatas kain sutra.
Salinan Alquran ini ditulis dengan 1, 5 liter cairan emas serta perak diatas lembaran kain sutra murni dengan lebar 11, 4 inci serta panjang 13 inci. Diprediksikan Memmedzade memakai kain sutra selama 164 kaki.

Baca Juga : Megungkap Cerita Pesan Misterius Gus Dur ke Khofifah

Memmedzade berasumsi ini adalah satu mahakarya serta tak menyinggung ajaran agama karena kajian tentang sutra juga ada dalam Alquran.
Kaligrafi ciamik dari perempuan ini mengingatkan kita kembali pada seni islami yang tengah dipamerkan di Sackler Gallery milik Smithsonian Miseum.

Pameran bertema The Art of the Qur'an : Treasure from the Museum of Turkish and Islamics Arts menghadirkan lebih dari 60 manuskrip serta dapat dinikmati sampai 20 Januari 2017 yang akan datang. Pameran ini di gelar dalan rangka memperingati kembali kebiasaan menyalin serta menghias Alquran.

Baca Juga : Arkeolog Thailand Ini Temukan Mayat Pemilik Ilmu Hitam
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog