Rabu, 07 Desember 2016

Kisah Sang Penakluk Singa yang Ahli Bersedekah

Ibnu Umar radhiallahu’anhu (Abdullah bin Umar), mulai sejak masih kecil sudah masuk Islam, berbarengan dengan ayahnya Umar bin Khattab radhiallahu’anhu.


Kemana pun Rasulullah pergi, ia kerapkali ikut menyertainya. Ibnu Umar memanglah tercatat masih ipar Rasulullah, lantaran saudari kandungnya yang bernama Hafsah binti Umar jadi istri Rasulullah.

Ibnu Umar berupaya mencontoh sifat serta rutinitas Rasulullah, seperti cara menggunakan pakaian, makan, minum, bergaul, dsb. Beliau dikenal juga sebagai salah seseorang sahabat Rasulullah, yang banyak meriwayatkan hadits, diperkirakan ada sekitaran 2.630 hadits yang ia sampaikan.

Ibnu Umar, Ahli Sedekah 

Ibnu Umar termasuk orang yang hidup sejahtera, ia di kenal seorang saudagar yang sukses. Tetapi harta yang melimpah, selalu ia bagi-bagikan sebanyak-banyaknya pada fakir miskin serta anak yatim.

Ayub bin Ma’il Ar Rasibi menceritakan, Ibnu Umar pernah membagi-bagikan sedekah senilai 4.000 dirham, lalu pada esok harinya ia berhutang 1 dirham, untuk beli makanan untuk hewan yang dikendarainya.

Baca Juga : Tünzale Memmedzade, Pembuat Salinan Al-Qur'an Di Kain Sutra Dengan Tinta Emas

Abu Nuaim meriwayatkan dari Muhammad bin Qais, ia berkata, “Tidaklah Abdullah bin Umar makan, kecuali bersama orang-orang miskin, hingga hal itu mempengaruhi kesehatan tubuhnya. ”

Ibnu Umar, Penakluk Singa 


Disuatu ketika, kafilah dagangnya terhalang seekor singa. Lalu Ibnu Umar, turun dari untanya, lalu jalan ke arah singa itu.

Tanpa ada rasa takut sedikitpun, dalam jarak yang begitu dekat, Ibnu Umar menggosok-gosok telinga sang singa, seakan-akan ia tengah bernegosiasi. Dan selang berapa saat, menyingkirlah singa itu dari tengah jalan.

Seseorang yang tahu peristiwa itu merasa takjub. Ia lalu ajukan pertanyaan, ”Bagaimana caranya agar singa itu tidak menerkam Anda? ”

Baca Juga : Bung Karno, Fidel Castro, Kisah Unik Cerutu Kuba

Ibnu Umar menjawab bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Jika manusia hanya takut pada Allah, jadi tak ada hal lain yang bisa menguasainya. ”

Cerita Ibnu Umar mengalahkan Singa, tercatat dalam kitab Thabaqah karya Al-Munawi serta dikisahkan oleh Al-Subki dalam kitab Hujjatullah ‘ala al-Alamin.

Baca Juga : Lima Remaja Ini Permainkan Solat Berjamaah
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog