Kamis, 08 Desember 2016

Benua Australia Terus Bergerak Mendekati Indonesia Waspada !!

Dari sejumlah data di ketahui bila benua di selatan Indonesia bergeser 7 sentimeter ke arah utara. Pergeseran ini terjadi lantaran gerakan lempeng Bumi. Hal semacam ini tentunya membuat benua Australia selalu bergerak mendakati Indonesia.


Sebelumnya, Australia memang jadi satu diantara negara yang ada diatas lempeng tektonik yang mempunyai gerakan paling cepat dan bertumbukan dengan Lempeng Pasifik yang setiap tahun bergerak 11 sentimeter.

AKIBATNYA 

Pergeseran benua Australia serta Indonesia ini akan memberikan dampak yang membahayakan berupa gempa bumi berkekuatan besar. 

Gempa bumi yang akan terjadi ini dapat berkekuatan 8,1 yang melanda utara Pulau Macquarie

Baca Juga : 5 Negara Ini Akan Lenyap Jika Diguncang Gempa Bumi Besar

Menurut data, mulai sejak th. 1994 Benua Australia sudah bergeser ke samping utara sejauh 1,5 mtr.. Oleh karenanya, para ilmuwan Negeri Kanguru itu kembali menghitung posisi Garis Bujur serta Garis Lintang negara mereka.

Sementara menurut petinggi Geoscience Australia, Dan Jaksa, pembaruan data ini begitu penting sebab ada perbedaan pada posisi saat ini dengan koordinat yang digunakan oleh Global Navigation Satellite Systems, seperti GPS.

” Garis benua memang tetap, namun seiring waktu berjalan, posisi itu dibandingkan dengan posisi GPS dapat membuat perbedaan, sehingga kita sangat perlu mengubahnya, ” tutur Jaksa.

Baca Juga : Bumi akan Punya Waktu 25 Jam Dalam Sehari
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog