Jumat, 02 Desember 2016

Miranda, Batita Meninggal karena Alami Kerusakan Otak Setelah Tersedak Popcorn


Alison Lawson tengah merayakan ulang tahunnya bersama sang suami, Patrick Lawson serta ke empat anaknya yang berumur 19, 16, 10, serta si bungsu Miranda Grace Lawson yang berumur 2 th.. Namun mendadak, kemeriahan perayaan ulang tahun itu berhenti.

Si kecil Miranda mendadak masuk ke ruang tamu dengan mata melotot serta napas terhalang. Orang tuanya pun cemas serta diketahui, Miranda tersedak popcorn. Lihat kondisi putrinya, Patrick coba berikan Cardiopulmonary resuscitation (CPR) namun tidak berhasil.

Waktu paramedis tiba, jantung Miranda tak berdetak. Hingga dua bulan, Miranda dirawat di Virginia Commonwealth University Medical Center dengan alat bantu. Sempat ada perubahan, namun kemudian di ketahui Miranda alami kerusakan otak kronis.

" Dokter memohon kami lakukan tes mati otak namun kami menolaknya. Putri kami tidak terlihat seperti orang yang mati otak, " papar Patrick pada NBC News.

Baca Juga : Apa Itu Dispnea ? Kenali PENYEBAB, GEJALA, SERTA CARA PENGOBATAN

Sayang, keadaan Miranda memburuk hingga di tanggal 1 November lalu, ia hembuskan napas terakhir. Dikutip dari website galang dana Go Fund Me dengan nama 'Pray for 2 y. o. Mirranda & Family', keponakan Alison serta Patrick pernah meminta bantuan dana untuk penyembuhan Miranda. Akhirnya, terkumpul dana Rp 76,3 juta dari target Rp 74, 5 juta.

" Ini semua disebabkan oleh sepotong popcorn. Tolong sebarkan bahaya popcorn. Sebagian orang mungkin saja tidak tahu, " demikian tertulis di website itu.

Dalam situsnya, American Acedemy of Pediatric mengatakan kalau tersedak jadi satu diantara penyebab kem*tian anak dibawah umur tiga th.. Hingga, makanan seperti hot dog, anggur, serta popcorn tak disarankan diberi pada anak dibawah umur 5 th..

Sesuai tahap perubahannya, mulut balita belum dapat kunyah bentuk makanan tertentu. Saat mereka tak bisa kunyah makanan itu, makanan dapat tersangkut serta menghambat jalan napas.

Baca Juga : Apa Itu Mesothelioma? Kenali Gejala Penyakit Ganas Ini Sebelum Menyerang Kamu

Karenanya, Mayo Clinic mereferensikan beberapa hal sebelum orangtua mengenalkan makanan padat ke anaknya. Sebelumnya, penting untuk mendiskusikan type makanan padat yang dapat diperkenalkan pada anak dengan profesional.

Lalu, jangan kenalkan makanan berisiko tinggi bikin anak tersedak, seperti potongan daging, popcorn, anggur, serta permen pada anak balita. Selagi anak makan, pantau mereka serta jangan biarkan mereka berlarian sembari makan.

Sebisa mungkin, potong makanan yang di beri pada anak dalam ukuran kecil. Jangan lupa juga mengecek apakah mainan anak ada yang berukuran sangat kecil sampai gampang tertelan. Untuk orangtua, tidak ada kelirunya bila mengambil kelas CPR untuk pertolongan pertama anak yang tersedak.

Baca Juga : Balita Ini Bangun dari Koma Saat Dokter Cabut Selang Napas
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog