Jumat, 10 Juni 2016

Pahami Logika Diskon Berikut Agar Tidak Menyesal saat Berbelanja. Diskon '50%+20%' Sama Dengan 70%?


Siapa yang tidak sukai protongan harga dengan kata lain potongan harga? Bahkan juga komedian jahil Raditya Dika dalam Stand Up Commedy-nya pernah menyebutkan tingkat kebahagian wanita berbanding lurus dengan besarnya potongan harga. Tetapi agar tidak terdengar 53k5i5, pasti baik pria ataupun wanita, mari kita setujui bila keduanya keduanya sama suka pada potongan harga.

Nah, selamat datang di bulan penuh potongan harga. Anda yang sukai menunggu-nunggu potongan harga, ini bulan paling pas. Beberapa swalayan serta pusat ritel di Ibu Kota serta kota-kota besar di Indonesia, ramai-ramai sudah menginformasikan akan buka potongan harga besar-besaran pada bulan ini. Tepatnya sepanjang dua minggu sebelumnya natalan. Bukan sekedar itu, rencana discount sering ditukar arti dengan bersihkan gudang yang umum dikerjakan toko-toko diakhir tahun.


Walau demikian dengan banyaknya tawaran tentang discount, telah sepatutnya Anda tidak menelan mentah-mentah mengenai rencana potongan harga. Maksudnya agar, Anda tidak menyesal waktu lakukan pembelian. Rencana potongan harga yang paling umum disalahartikan orang yaitu rencana (plus). Umpamanya, sepatu ini berdiskon 50% + 20%. Apakah rencana potongan harga (plus) seperti itu sama berarti dengan potongan harga 70%? Bila jawaban iya, Anda salah.

Rencana dikson sejenis itu kadang-kadang membuat kita tergesa-gesa menyimpulkan bila sepatu itu berdiskon 70%. Walau sebenarnya tidak, mari kita hitung jadi akhirnya akan beda.

Kalau sepatu itu berbandrol Rp500. 000 bila potongan harga yang berlaku 70% jadi harga bersihnya jadi Rp150. 000. Perhitungannya, 70 dibagi 100, dikalikan 500. 000, akhirnya 350. 000.

Saat ini kita banding bila potongan harga yang tercantum yaitu 50% + 20%. Jadi hukum yang berlaku begitu berbeda. Logika diskon sejenis itu, memotong harga awal mulanya dengan hasil 50% kemudian akhirnya baru dikurangi lagi dengan 20%. Harga sepatu Rp500. 000 potongan harga 50% jadi Rp250. 000. Kemudian harga Rp250. 000 dikurangi diskon 20% jadi hasil pada akhirnya jadi Rp200. 000. Itu berarti rencana potongan harga 70% dengan 50% + 20% tidak sama.

Pada contoh nominal diatas berbeda Rp50. 000. Bila Anda berbelanja dalam sekala kecil, mungkin saja ketidaksamaan itu tidak merasa. Namun bila Anda belanja berjuta-juta pasti Anda akan rasakan efeknya. So, hati-hati mengartikan potongan harga ya. Perhatikan beberapa rencana potongan harga, serta baiknya tanyakan dahulu sebelumnya memutuskan pilih untuk dibeli.

Sumber : yangunik. com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog