Rabu, 11 Januari 2017

Habib Rizieq Akan Laporkan BI dan Menkeu soal Logo Palu Arit Yang Ada Di Uang Kertas


Dilansir dari laman terpercaya cnnindonesia.com bahwa Tokoh Front Pembela Islam Rizieq Shihab akan melaporkan Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan serta Perusahaan Umum Percetakan Uang Repulik Indonesia (Peruri) berkaitan logo menyerupai palu arit di uang kertas cetakan baru. 

Rizieq menilai, mereka mesti bertanggungjawab atas munculnya logo mirip simbol Partai Komunis Indonesia di uang kertas baru. 

" Kami telah bentuk tim advokat serta tim pelapor, kami akan laporkan ke Mabes Polri Gubernur BI, Menteri Keuangan, juga Peruri sebagai pencetak serta desain. Mereka tanda tangan (uang) artinya tanggung jawab, " kata Rizieq di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (11/1). 

Rizieq menyampaikan, logo menyerupai palu arit itu awal mulanya hanya ada di uang kertas Rp100 ribu cetakan lama. Logo yang dianggap aneh ini membuatnya melapor ke Kapolri. 

Keberadaan logo itu juga diprotes oleh masyarakat di Palembang, Sumatera Selatan, dengan mendatangi langsung kantor BI disana. " Mereka janji akan diteliti serta tidak akan terulang, " tuturnya. 

Tetapi belakangan, sesudah uang cetakan baru diterbitkan, ternyata tak ada perubahan. Seluruh pecahan uang kertas jadi ada logo yang diprotes itu. 

Merasa ada yang salah, ia lalu melayangkan memprotes ke polisi. Tetapi terakhir Rizieq dilaporkan ke kepolisian dengan tuduhan penghasutan. 

Rizieq menilai, seharusnya protes dijawab secara ilmiah oleh lembaga yang berwenang. Bukan dengan disikapi dengan laporan kepolisian. 

Bila BI menyatakan logo yang dinilai menyerupai palu arit itu merupakan satu diantara bagian dari teknologi pengamanan, Rizieq mempertanyakan kenapa dicetak di logo BI hingga membuat pola menyerupai lambang PKI. 

Rizieq menyampaikan, dalam beberapa tahun terahir, gosip kebangkitan komunis patut diwaspadai. Ia mengklaim miliki 30 indikasi yang telah dikatakannya dalam satu simposium yang diadakan Gerakan Bela Negara. 

" Indikasi ini bukanlah muncul karena kami umat Islam paranoid, tapi muncul dari kesadaran kami dalam berbangsa dan bernegara, " tuturnya. 

Disamping itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang ditemui Rizieq berjanji akan meneruskan apa yang jadi keberatan itu ke BI. 


Politikus Partai Gerindra ini menilai aneh logo menyerupai palu arit itu muncul di uang kertas. Seharusnya BI, kata Fadli, hati-hati dalam mendesain uang agar tak menyebabkan interpretasi yang berbeda-beda.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog