Senin, 21 November 2016

Inilah 6 Jet Tempur Terbaik Milik Indonesia, Mana yang Paling Hebat?

6 Jet Tempur Milik Indonesia
Satu diantara elemen utama dalam melindungi kedaulatan NKRI adalah TNI-AU. Sekarang ini kemampuan TNI-AU jadi yang diperhitungkan di Asia Tenggara.

Tidak hanya di dukung kekuatan semua personel yang dipunyai, beragam alutsista yang dipunyai TNI-AU dinilai juga cukup mumpuni, seperti salah satunya pesawat tempur.

Sekarang ini TNI-AU sudah mempunyai enam type pesawat jet tempur. Jet-jet tempur ini mempunyai manfaat serta kekuatan masing-masing, apa sajakah itu?

1. Hawk 209 
Jet ini adalah pesawat buatan Hawker-Siddeley. Hawk Mk 209 yang dipunyai TNI-AU ini mempunyai fungsi sebagai pesawat jet latih untuk pesawat tempur generasi 4. Mengenai jet tempur generasi 4 salah satunya seperti F-15, F-16 serta lain sebagainya.

Pertama kali TNI-AU beli pesawat ini pada th. 1997. ‎ Hawk Mk 209 adalah varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority serta ground attack.

Malaysia juga mempunyai beberapa Hawk Mk 108/208 yang disebut varian Hawk pertama yang dapat lakukan pengisian bahan bakar di udara.

2. T-50 Golden Eagle 
Mempunyai manfaat nyaris sama seperti Hawk 209, T-50 Golden Eagle yaitu pesawat latih (trainer) supersonik buatan Amerika-Korea.

Dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries (KAI), dengan pertolongan Lockheed Martin. Program ini dapat melahirkan A-50, atau T-50 LIFT, sebagai varian serang enteng. Program T/A-50 dimaksudkan sebagai pengganti dari beragam pesawat latih serta serang enteng.

Program ini awal mulanya ditujukan untuk meningkatkan pesawat latih dengan cara mandiri yang dapat meraih kecepatan supersonik untuk melatih serta menyiapkan pilot untuk pesawat KF-16 (F-16 versi Korea).

T-50 mmembuat Korea Selatan jadi negara ke-12 yang dapat menghasilkan satu pesawat tempur jet yang utuh. Beberapa product korea yang lain yaitu KT-1 product Samsung Aerospace (saat ini bagian dari KAI), serta product lisensi KF-16.

Sebagian besar system paling utama serta teknologinya disiapkan oleh Lockheed Martin, pada umumnya bisa disebut T/A-50 memiliki konfigurasi yang serupa dengan KF-16.

3. F-16 Fighting Falcon 
F-16 Fighting Falcon yaitu jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh General Dynamics (lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin), di Amerika Serikat. Pesawat ini awalannya didesain sebagai pesawat tempur ringan, serta pada akhirnya ber-evolusi jadi pesawat tempur multi-peran yang begitu popular.
Kekuatan F-16 untuk bisa digunakan untuk semua jenis misi inilah yang membuatnya begitu sukses di pasar ekspor, serta digunakan oleh 24 negara selain Amerika Serikat.

Pesawat ini begitu popular di mata international serta sudah dipakai oleh 25 angkatan udara. F-16 adalah proyek pesawat tempur Barat yang terbesar serta signifikan, dengan sekitaran 4000 F-16 telah diproduksi mulai sejak 1976.

Pesawat ini telah tidak di produksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, namun masih tetap di produksi untuk ekspor.

4. F-5E Tiger II 
F-5E/F Tiger II yaitu satu bagian dari keluarga pesawat tempur supersonik ringan yang didesain serta di produksi oleh Northrop, di Amerika Serikat, mulai sejak th. 1960-an. Ratusan pesawat ini masih digunakan oleh beragam angkatan udara didunia hingga era ke-21.
Pesawat ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan sebagian pesawat yang lain. Produksi pesawat F-5A serta F-5E berakhir pada th. 1972 serta 1987.

F-5E Tiger II, juga banyak digunakan oleh negara sekutu Amerika Serikat, serta di Amerika Serikat sendiri digunakan sebagai pesawat latih tempur. Jumlah Tiger II yang di produksi hingga th. 1987 mencapai 1400 buah. Pesawat F-5 yang masih digunakan hingga th. 1990-an serta 2000-an sudah melalui banyak modifikasi pembaruan.

5. Sukhoi Su-27 (Kode NATO : Flanker) 
Sukhoi Su-27 adalah pesawat tempur yang awalannya di produksi oleh Uni Soviet, serta didesain oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk jadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat yakni F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, serta F/A-18 Hornet.

Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, serta kelincahan yang tinggi. Pesawat ini kerap disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 serta MiG-29 berbentuk serupa.

Ini adalah keliru, karena Su-27 didesain sebagai pesawat interseptor serta pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 didesain untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

6. Sukhoi-Su-30 (Kode NATO : Flanker-C) 
Sukhoi Su-30 yaitu pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada th. 1996. Pesawat ini merupakan pesawat tempur multifungsi, yang efisien digunakan sebagai pesawat serang darat. Pesawat ini dapat dibandingkan dengan F/A-18E/F Super Hornet serta F-15E Strike Eagle Amerika Serikat.

Pesawat ini yaitu pengembangan dari Su-27UB, serta mempunyai beberapa varian. Seri Su-30K serta Su-30MK sudah berhasil secara komersial. Varian-varian ini di produksi oleh KnAAPO serta Irkut, yang disebut anak perusahaan dari group Sukhoi. KnAAPO menghasilkan Su-30MKK serta Su-30MK2, yang didesain serta di jual pada Tiongkok. Su-30 paling canggih yaitu seri Su-30MK buatan Irkut.

BACA JUGA :
WASPADA ! Jangan Sampai Terjadi Kepada Kalian, Membiarkan Charger iPhone Terpasang, Kamar Gadis Ini Terbakar
Usai Ditembak Mati Pemburu, Rusa Ini 'Balas Dendam'
Tampil Tanpa Make Up, Wanita Ini Jadi Bahan Ejekan Netizen
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog